PANDUAN

  1. LATAR BELAKANG



Sistem e-Learning adalah sistem pembelajaran era digital yang sudah seharusnya dikembangkan secara serius di perguruan tinggi untuk mengantisipasi perkembangan era Teknologi Informasi yang sangat pesat. Mengantisipasi kebutuhan pemanfaatan sistem e-Learning di dunia kampus, maka sosialisasi pemanfaatan dan pengembangannya menjadi hal penting untuk dikuasai khususnya oleh para dosen.  

E-Learning  adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi IT (Information and Technology) yang memberikan solusi  dalam mengatasi masalah ruang dan waktu. E-Learning memberikan harapan baru sebagai alternatif solusi atas sebagian besar permasalahan pendidikan di Indonesia, dengan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik sebagai suplemen (tambahan), komplemen (pelengkap), ataupun substitusi (pengganti) atas kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang selama ini digunakan.

Tersedianya  Infrastruktur yang telah memadai di kampus Unila, sistem aplikasi moodle untuk e-Learning yang telah terintegrasi pada sistem SIAKAD maka sudah sangat mudah bagi para dosen di Unila memindahkan konten-konten pembelajaran ke system e-Learning di web Unila. Untuk mempercepat keinginan tersebut maka pelatihan bagi para dosen unila menjadi sangat perlu untuk terus dilakukan hingga semua dosen di unila terbiasa dan telah memindahkan materi-materi pembelajaran  mereka ke media e-Learning.
Sejak tahun 2003, Unila sudah memulai membangun sistem E-Learning, meskipun pada saat itu infra struktur dan fasilitas bagi mahasiswa sangatlah terbatas. Namun sekarang semakin baiknya infra struktur pendukung teknologi  Informasi  yang dibangun di kampus Unila, semakin cepat dan luaslah penerapan pembelajaran modul e-learning oleh para dosen di seluruh Fakultas. Untuk itu penguasaan keterampilan dasar untuk membuat modul E-Learning sebagai bahan ajar semakin dibutuhkan oleh para dosen khususnya dosen muda di lingkungan Universitas lampung.
Para dosen muda yang direkrut Unila saat ini secara umum adalah generasi milenial yaitu generasi yang sangat familier dengan dunia IT. Mereka cukup kreatif kreaktif dan dinamis. Melihat potensi ini, Unila memberikan perhatian dan kesempatan dalam merespon dan mengejar perkembangan model pendidikan paling modern saat ini, yang sangat cepat berubah, dan mereka adalah aset universitas yang paling bisa diandalkan untuk mengikutinya.
Melihat Visi Unila kedepan untuk merebut posisi 10 besar universitas di Indonesia, dalam persaingan antar universitas yang semakin ketat dan dinamis, maka menjadi sangat penting untuk memandang pemanfaatan media IT dalam pembelajaran seperti e-learning pada website unila dan juga menjadi poin penting bagi peningkatan akreditasi universitas, maka PKPP LP3M menyelenggarakan pelatihan untuk dosen di lingkungan Unila tahun 2016 atas biaya DIPA BLU.
Target pelatihan ini adalah seluruh peserta dosen yang mengikuti pelatihan akan memiliki modul e-learning dari mata kuliah yang diampu dan dapat memanfaatkan sistem E-Learning yang sudah terintegrasi di SIAKAD Unila.


  1. DASAR KEGIATAN



  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  3. Keputusan Rektor Unila Nomor 58A/H26/2008 tentang Rencana Jangka Panjang Universitas Lampung
  4. Keputusan Rektor Unila Nomor, 114/H26/PR/2008 tentang Rencana Strategis Universitas Lampung
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  6. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  7. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  8. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

  1. TUJUAN PEMETAAN




Mendapatkan data secara kuantitas dan kwalitas metode pembelajaran berbasis e-learning

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.